Wednesday 7 May 2014

10 Malaikat Yang Wajib Diketahui


بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Maksud nama malaikat merupakan jamak dari kata Arab malak yang berarti kekuatan
Jadi malaikat adalah kekuatan-kekuatan yang patuh pada ketentuan dan perintah Allah
Malaikat dalam Islam, merupakan hamba dan ciptaan Allah yang dijadikan daripada cahaya lagi mulia dan terpelihara daripada maksiat
Mereka tidak berjantina, tidak bersuami atau isteri, tidak beribu atau berbapa dan tidak beranak
Mereka tidak tidur dan tidak makan serta tidak minum
Mereka mampu menjelma kepada rupa yang dikehendaki dengan izin Allah

“Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah Timur dan Barat itu suatu kebaikan, akan tetapi sesungguhnya kebaikan itu ialah beriman kepada Allah, Hari Kemudian, malaikat-malaikat, nabi-nabi …” (QS. Al Baqarah : 177)

“Barangsiapa kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan Hari Kemudian, maka orang itu telah sesat sejauh-jauhnya” (QS. An Nisaa’ : 136)

Rasulullah ShallallaHu ‘alaiHi wa sallam bersabda ketika Jibril bertanya kepada beliau tentang iman, “Hendaklah kamu beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, Hari Akhir dan beriman kepada takdir baik dan buruk-Nya” (HR. Muslim no. 8, dari Umar bin Khaththab radhiyallaHu ‘anHu)

Dalam hadits shahih yang lain Rasulullah ShallallaHu ‘alaiHi wa sallam bersabda, “Malaikat diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari api dan Adam diciptakan dari apa yang telah diciptakan kepada kalian” (HR. Muslim no. 2996, dari ‘Aisyah radhiyallaHu ‘anHa)

Rukun iman dalam agama islam ada 6 (enam), salah satunya adalah iman kepada malaikat. Iman kepada malaikat artinya meyakini bahwa Allah SWT., memiliki malaikat-malaikat yang diciptakanNya. 

Ada 10 Malaikat yang wajib diketahui, sepuluh malaikat tersebut yaitu:

1. Malaikat Jibril
Bertugas menyampaikan wahyu Allah kepada para nabi dan rosul. Malaikat Jibril adalah penghubung antara Allah SWT dengan nabi dan rosul-Nya.
“Dan sungguh dia (Muhammad) telah melihatnya (Jibril) di ufuk yang terang” (QS. At Takwiir : 23)
Rasulullah ShallallaHu ‘alaiHi wa sallam bersabda,“Aku melihatnya (Jibril) turun dari langit, tubuhnya yang besar menutupi antara langit sampai bumi” (HR. Muslim no. 177, dari ‘Aisyah radhiyallaHu ‘anHa).
Abdullah bin Mas’ud radhiyallaHu ‘anHu menjelaskan bahwa Nabi Muhammad ShallallaHu ‘alaiHi wa sallam melihat jibril memiliki enam ratus sayap (HR. al Bukhari no. 4857)
berikut adalah 10 tugas-tugas malaikat jibril setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW ;
a. Mengangkat keberkahan dimuka bumi ini, orang tak ada lagi yg percaya namanya berkah.
b. Mengangkat cinta dihati para makhluk, maksudnya cinta yg suci karena Allah saja.
c. Mengangkat rasa kasih sayang dari para kerabat.
d. Mengangkat sifat rasa adil dari pemerintah.
e. Mengangkat sifat pemalu dari para perempuan ,sehingga mereka tidak tau malu lagi dengan dandanan mencolok.
f. Mengangkat sifat sabar dari fakir miskin.
g. Mengangkat sifat pemurah dari orang-orang kaya.
h. Mengangkat sifat Wara' ulama sehingga ia menjual agamanya sendiri untuk kepentingan pribadinya sendiri.
i. Mengangkat Al-Qur'an dari hadapan manusia (tidak ada lagi yg bisa membaca Al-Quran).
j. Diangkatnya Iman dari seluruh bumi, ini yg akan menyegerakan kiamat.

2. Malaikat Mikail
Malaikat Mikail bertugas memberi rezeki kepada manusia.
Dialah yang diserahi tugas mengatur hujan dan tumbuh-tumbuhan dimana semua rezeki di dunia ini berkaitan erat dengan keduanya
“Barangsiapa menjadi musuh Allah, malaikat-malaikat-Nya, rasul-rasul-Nya, Jibril dan Mika-il, maka sesungguhnya Allah musuh bagi orang-orang kafir” (QS. Al Baqarah : 98)
Bentuknya :
Berbulu Za'faron dari kepala hingga kedua tapak kakinya.Diatas setiap bulu-bulu itu,ada wajah (muka) sebanyak 1 juta wajah.Setiap 1 wajah ada 1 juta mata. Tiap-tiap mata akan sentiasa menangis memohon rahmat bagi orang-orang mukmin yang berdosa.Setiap mata akan menitiskan 7 ribu titisan air mata. Lalu setiap titisan itu Allah ciptakan satu malaikat serupa Mikail yang bernama Karuubiyyuun untuk membaca tasbih sampai hari Kiamat serta bertugas sebagai pembantu Israfil menjalankan tugas menyampaikan rezeki seperti memberi hujan,menjaga tumbuh-tumbuhan & buah-buahan. Setiap wajah tadi pula ada 1 juta mulut. Setiap mulut ada 1 juta lidah. Setiap lisan boleh mengucapkan 1 juta bahasa & membaca istighfar untuk orang-orang mukmin yang berdosa.

3. Malaikat Israfil
Malaikat Israfil bertugas meniup terompet sangkakala pada hari kiamat.
Dia diserahi tugas meniup sangkakala atas perintah Rabb-nya dengan tiga kali tiupan. Pertama adalah tiupan keterkejutan, tiupan kedua adalah tiupan kematian dan tiupan ketiga adalah tiupan kebangkitan.
Bentuknya :
Berbulu dari kepala hingga kedua tapak kakinya. Banyak mulut & lidah.Warna dari mukanya kuning tua kerana getaran rasa takut pada Allah,yang selalu menghantuinya. Ia tertutup didalam beberapa dinding. Ia bertasbih dengan tiap-tiap lisan,dengan seribu bahasa. Ia ada tentera banyak 1000 malaikat yang dijadikan darinya pula. Mereka itu adalah malaikat Muqorrobin (yang dekat) dengan Allah.
Saiznya :
Kalau seluruh air laut & air sungai disiramkan atas kepalanya,takde setitis pun yang akan jatuh kebumi.
Jumlah sayap : Ada 4
Sayap pertama panjangnya sampai kearah barat, sayap ke-2 sampai kearah timur, sayap ke-3 menutupi badannya & yang ke-4 menutupi kepalanya.

4. Malaikat Izrail
Malaikat Izrail bertugas sebagai pencabut nyawa.
Bentuknya :
sama seperti Mikail baik wajahnya, lisannya,sayapnya,besarnya & kekuatannya. Tapi ia diberi kemampuan untuk membolak balikkan dunia. Malaikat 'Izrail selain dibentengi beberapa lapis rahsia Allah,ia juga diikat dengan 70 rantai. Panjang tiap rantai macam parjalanan seribu tahun. Kerana tempatnya yang amat rahsia itu,takde satupun malaikat yang boleh mendekati atau mengetahui tempat & perbuatannya. Malah takde satu malaikat pun yang dapat mendengar suaranya.

5&6. Malaikat Munkar & Nakir
Malaikat Munkar dan Nakir bertugas menanyakan dan melakukan pemeriksaan manusia di alam kubur tentang amal perbuatan mereka saat masih hidup.
“Tatkala orang yang mati telah dikubur, datanglah kepadanya dua malaikat yang hitam kebiruan, salah satu diantara keduanya dinamakan Munkar dan yang lainnya dinamakan Nakir” (HR. at Tirmidzi, dihasankan oleh Syaikh al Albani dalam Shahiih Sunan at Tirmidzi no. 856)
Bentuknya :
Kedua-duanya hitam. Mata mereka mempunyai pandangan yang amat menakutkan. Suara mereka seperti petir yang menyambar. Taring mereka boleh menggali bumi. Dalam sebuah hadits yang lain menyebutkan,mata mereka macam belangga-belangga tembaga. Dan taring mereka seperti tanduk-tanduk sapi.Suara mereka macam halilintar. Mereka membawa tongkat besi. Kalau suma orang haji di Mina berkumpul & cuba mengangkatnya,nescaya tak berdaya mereka semua mengangkatnya.

7&8. Malaikat Raqib & Atid
Malaikat Raqib bertugas mencatat segala amal baik yang dilakukan manusia.
Malaikat Atib bertugas mencatat segala perbuatan buruk yang dilakukan manusia.
“Maa yalfizhu min qaulin illaa ladayHi raqiibun ‘atiidun” yang artinya “Tidak suatu ucapan pun yang diucapkan melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir” (QS. Qaaf : 18)

9. Malaikat Malik
Malaikat Malik bertugas menjaga pintu neraka dan menyambut ahli neraka.
Allah Ta’ala berfirman, “Mereka berseru, ‘Hai Malik, biarlah Rabb-mu membunuh kami saja’. Dia menjawab, ‘Kamu akan tetap tinggal (di Neraka ini)’. Sesungguhnya Kami telah membawa kebenaran kepada kamu tetapi kebanyakan diantara kamu benci kepada kebenaran itu” (QS. Az Zukruf : 77-78)

10. Malaikat Ridwan
Malaikat Ridwan bertugas menjaga pintu syurga dan menyambut ahli syurga.

Dari nama-nama malaikat di atas ada beberapa yang disebut namanya secara spesifik di dalam Al Qur'an, yaitu
Jibril (QS 2 Al Baqarah: 97,98 dan QS 66 At Tahrim: 4), Mikail (QS 2 Al Baqarah: 98) dan Malik (QS Al Hujurat) dan lain-lain. 
Sedangkan Israfil, Munkar dan Nakir disebut dalam Hadits.

Rujukan :
* Buku "membuka rahasia malaikat", Penulis : Ust.Abdul Ghani Asykur.
* Buku "rahsia malaikat dan keajaibannya", Penulis = Ilyas Mohamad Umar
* kitab Al Quran

No comments:

Post a Comment